KELAS : 5
TEMA TEMA 3 SUBTEMA 1
NO
|
ASPEK YANG DIANALISIS KOMPETENSI DASAR
|
HASIL ANALISIS
|
TINDAK LANJUT HASIL ANALISIS
| |||||
PB 1
|
PB 2
|
PB 3
|
PB 4
|
PB 5
|
PB 6
| |||
1
|
3.3 menjelaskan organ pencernaan dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ pencernaan manusia.
|
sesuai karena materi ini menjelaskan tentang organ pencernaan pada hewan ayam dan fungsinya pada hewan
|
Sesuai karena materi ini menjelaskan tentang organ pencernaan manusia dan fungsinya. Dan cara memelihara kesehatan organ pencernaan manusia.
|
-
|
-
|
Sesuai karena materi ini menjelaskan tentang fungsi sistem orgsn pencernaan manusia.
|
-
|
Dari hasil analisis buku ini dapat digunakan untuk pembelajaran kelas 5 berbasis k-13
|
2
|
4.3. menyajikan karya tentang konsep organ dan fungsi pencernaan pada hewan dan manusia
|
Sesuai karena terdapat materi sistem pencernaan ayam dan fungsi pencernaan pada hewan ayam
|
Sesuai karena terdapat materi organ pencernaan manusia dan fungsi pencernaan pada manusia
|
-
|
-
|
Sesuai karena menjelaskan sistem organ pencernaan manusia dan fungsi organ paa pencernaan manusia
|
-
|
Dari hasil analisis buku ini dapat digunakan dalam pembelajaran berbasis k-13
|
NO
|
KESESUAIAN DENGAN
KI
|
HASIL ANALISIS
|
TINDAK LANJUT ANALISIS
| |||||
PB 1
|
PB 2
|
PB 3
|
PB 4
|
PB 5
|
PB 6
| |||
1
|
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
|
-
|
Menjaga kesehatan organ pencernaan manusia
|
-
|
-
|
-
|
-
| |
2
|
Menunjukka perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga dan negara.
|
Peduli terhadap hewan peliharaan
|
Peduli terhadap kesehatan organ pencernaan manusia
|
-
|
-
|
Meneraapkan pola hidup bersih dan sehat dalam hubungannya dengan pola makan
|
-
| |
3
|
Memahami pengetahuan Faktual, konseptual, prosedural, metakognitif, dan tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya dirumah, disekolah, dan tempat lain.
|
Memahami sistem pencernaan ayam dn fungsinya
|
Memahami organ pencernaan manusia dan fungsinya
|
-
|
-
|
Memahami faktor pemicu terjadinya penyakit mag
|
-
| |
4
|
Menunjukkan keterampilan berfikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif.dalm bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam berkarya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap berkembangnya.
|
Menggambar hewan ayam pada kertas ukuram A3 kemudian melengkapi gambar tersebut dengan nama setiap organ pencernaan pada hewan ayam dan memberi tanda panah untuk menggambarkan perjalanan makanan pada sistem pencernaan ayam
|
Membuat poster tentang menjaga kesehatan sistem pencernaan manusia.
|
-
|
-
|
Membuat sebuah bacaan berdasarkan iklan tentang pentingya kebersihan
|
-
|
NO
|
KESESUAIAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK
|
HASIL ANALISIS
|
TINDAK LANJUT HASIL ANALISIS
| |||||
PB 1
|
PB 2
|
PB 3
|
PB 4
|
PB 5
|
PB 6
| |||
1
|
MENANYA
|
Siswa dapat menanyakan bagaimana sistem pencernaan hewan ayam
|
Siswa dapat menanyakan sistem organ pencernaan manusia dan fungsinya
|
-
|
-
|
Siswa dapat menanyakan tentang penyakit maag
|
-
|
Berdasarkan pembahasannya dapat disimpulkan bahwa pembelajaran di kelas 5 SD tema 3 subtema 1 telah sesuai dengan kaidah pendekatan saintifik. Pembelajaran yang dilaksanakan guru dan siswa kelas 5 SD meliputi proses mempertanyakan, mengamati, menalar-mencipta, mencoba, dan mengkomunikasikan
|
2
|
MENGAMATI
|
Mengamati sistem pencernaan pada ayam
|
Mengamati organ pencernaan pada manusia
|
-
|
-
|
Mengamati gambar sistem organ pencernaan manusia
|
-
| |
3
|
MENCOBA
|
Menggambar hewan ayam pada kertas kertas gambar ukuran A3
|
Meembuat poster tentang menjaga kesehatan sistem pencernaan manusia
|
-
|
-
|
Membuat iklan tentang pentingnya kesehatan
|
-
| |
4
|
MENALAR
|
Diskusikan bersama kelompok mengenai sistem pencernaan pada ayam
|
Mendiskusikan bersama kelompok mengenai perbedaan antara organ pencernaan hewan ayam dan manusia
|
-
|
-
|
Mencari informasi mengenai gejala-gejala penyakit maag dan penyebabnya
|
-
| |
5
|
MENGKOMUNIKASIKAN
|
Mempresentasikan hasil karya kelompok
|
Mempresentasikan hasil karya tersebut didepan kelas
|
-
|
-
|
Menjelaskan informasi mengenai gejala-gejala maag dan penyebabnya
|
-
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar